Rasa aman, secara bahasa artinya adalah lawan dari rasa takut.
فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَٰذَا الْبَيْتِ * الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ
” Maka hendaknya mereka menyembah kepada Rabb pemilik rumah ini (Ka’bah). (Dia) yang telah memberikan makan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan memberikan keamanan kepada mereka dari rasa takut.” (Quraisy: 3-4)
Para ulama mendefiniskan rasa aman dengan makna tenang dan damai (ٌطُمَأْنِيْنَةٌ وَ سَكِيْنَة), yang tidak ada rasa ketakutan padanya.
Keamanan ada dua jenis:
1. Keamanan agama, yaitu selamatnya agama seorang muslim, di atas tauhid dan menjauhi kesyirikan.
Alloh berfirman :
الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَٰئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ
“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.” ( Al An’am: 82)
2. Keamanan badan / fisik, seorang muslim hidup di negerinya dalam keadaan merasa aman pada perkara hartanya, jiwanya, dan harga dirinya atau kehormatannya.
Apabila seorang hamba merasa aman dalam perkara-perkara tersebut maka dapat dikatakan bahwa dia telah tinggal di sebuah negeri yang aman.
Alhamdulillah, negeri Indonesia termasuk negeri yang diberi nikmat keamanan oleh Alloh ‘azza wa jalla. Maka nikmat ini harus senantiasa dijaga.
Bangsa Indonesia sudah terkenal di kalangan bangsa Arab jauh sebelum negara ini dinamai dengan nama Indonesia. Terkenal sebagai bangsa yang damai, berbudi luhur, dan tertib. Tiap tahun Masjidil Haram tidak pernah kosong dari jama’ah kaum muslimin dari Indonesia. Bahkan penduduk kota Mekah dan Madinah bisa tahu tanda datangnya musim haji dengan kedatangan kaum muslimin dari penjuru Indonesia.
Hendaknya senantiasa waspada terhadap pihak-pihak yang berusaha merusak keamanan negeri ini. Pihak pemerintah harus menindak tegas semua pihak yang berpotensi merusak nikmat keamanan ini.
Kiat-kiat dalam menjaga nikmat keamanan pada suatu negeri :
1. Berpegang teguh dengan agama Alloh.
Kaum muslimin harus senantiasa memperhatikan perkara agama mereka, aqidah mereka, serta menolong agama mereka, menolong dakwah Islam, sehingga pertolongan Alloh pun akan datang kepada mereka.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ
” Wahai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” ( Muhammad: 7 )
2. Menerapkan Al Quran dan As Sunnah dalam semua aspek kehidupan. Berhukum dengan Al Quran dan As Sunnah. Dengannya Alloh akan mencurahkan barokahNya dan berbagai karuniaNya.
3. Menyebarkan ajaran agama Islam di tengah-tengah masyarakat.
Memperhatikan permasalahan pendidikan Islami, pendidikan tentang ilmu-ilmu agama di seluruh jenjang pendidikan. Sehingga masyarakat muslimin akan terdidik dengan pendidikan islami dan mereka akan paham tentang perkara-perjara agama mereka.
4. Menegakkan amar ma’ruf nahi munkar.
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّه
” Kalian adalah sebaik-baiknya ummat yang diutus kepada umat manusia. Kalian memerintahkan kepada yang ma’ruf dan melarang dari yang munkar dan kalian beriman kepada Alloh.” (Ali Imron: 110)
Ketika suatu kaum senantiasa menegakkan amar ma’ruf nahi munkar maka Alloh akan menjauhkan mereka dari semua bencana, musibah, fitnah serta menegakkan keamanan di tengah-tengah mereka.
Alangkah indahnya ketika ada pada suatu negeri Islam suatu lembaga resmi yang khusus mengurusi perkara amar ma’ruf nahi munkar seperti yang berlaku di negara Saudi Arabia.
Tidaklah Alloh menurunkan bencana, musibah, fitnah pada suatu kaum kecuali karena mereka meninggalkan amar ma’ruf nahi munkar.
5. Taat kepada pemerintah kaum muslimin yang sah pada selain perkara yang diharamkan oleh syariat.
Rasululloh _shollallohu ‘alaihi wa sallam_ bersabda :
مَنْ أَطَاعَنِي فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ عَصَى اللَّهَ وَمَنْ يُطِعْ الْأَمِيرَ فَقَدْ أَطَاعَنِي وَمَنْ يَعْصِ الْأَمِيرَ فَقَدْ عَصَانِي
” Barang siapa yang taat kepadaku berarti dia telah taat kepada Allah dan barang siapa yang bermaksiat kepadaku berarti dia telah bermaksiat kepada Allah. Dan barang siapa yang taat kepada pemimpin berarti dia telah taat kepadaku dan barang siapa yang bermaksiat kepada pemimpin berarti dia telah bermaksiat kepadaku.” (HR. Bukhori dan Muslim, dari Abu Hurairah _radhiyallohu ‘anhu_)
Dengan ketaatan rakyat kepada pemimpinnya pada perkara-perkara yang tidak menyelisihi syariat, maka akan tercipta keamanan. Dan inilah salah satu sebab terbesar terciptanya keamanan di suatu negeri.
Ketika rakyat tidak taat kepada pemimpinnya, maka akan tercipta berbagai kejelekan yang merata.
6. Apabila muncul kesalahan dari pemimpin kaum muslimin, maka hendaknya kita bersabar. Karena mereka hanya manusia biasa yang pasti akan terjatuh ke dalam kesalahan.
مَنْ رَأَى مِنْ أَمِيرِهِ شَيْئًا يَكْرَهُهُ فَلْيَصْبِرْ عَلَيْهِ فَإِنَّهُ مَنْ فَارَقَ الْجَمَاعَةَ شِبْرًا فَمَاتَ إِلَّا مَاتَ مِيتَةً جَاهِلِيَّةً
” Siapapun yang melihat sesuatu dari pemimpinnya yang tidak disukainya, hendaklah ia bersabar terhadapnya, sebab barang siapa yang memisahkan diri sejengkal dari jama’ah, kemudian dia mati, maka dia mati dalam keadaan jahiliyah.” (HR. Bukhori dan Muslim, dari sahabat Ibnu Abbas _radhiyallohu ‘anhuma_)
Dan kewajiban kita hanya menasihati pemimpin kaum muslimin jika ada pada mereka kesalahan, secara sembunyi-sembunyi, rahasia, dan tidak melakukannya di hadapan manusia. Dan tidak boleh untuk menjelek-jelekkan pemimpin di hadapan manusia, di forum-forum umum.
مَنْ أَرَادَ أَنْ يَنْصَحَ لِسُلْطَانٍ بِأَمْرٍ فَلَا يُبْدِ لَهُ عَلَانِيَةً وَلَكِنْ لِيَأْخُذْ بِيَدِهِ فَيَخْلُوَ بِهِ فَإِنْ قَبِلَ مِنْهُ فَذَاكَ وَإِلَّا كَانَ قَدْ أَدَّى الَّذِي عَلَيْهِ لَهُ
” Barangsiapa yang hendak menasehati penguasa dengan suatu perkara, maka jangan dilakukan dengan terang-terangan, tapi gandenglah tangannya dan menyepilah berdua. Jika diterima memang begitu, jika tidak maka dia telah melaksakan kewajibannya” ( HR. Ahmad dan Ibnu Abi Ashim, dishahihkan oleh Asy Syaikh Al Albani)
Berhati-hatilah dan jauhilah perbuatan menyebut-nyebut kejelekan pemimpin di hadapan manusia. Jauhilah demonstrasi, karena itu merupakan jalan yang mengarahkan kepada rusaknya kemanan. Walaupun dinamakan sebagai aksi damai, tapi semua itu pada hakikatnya akan mengarah kepada kerusakan yang lebih besar.
7. Senantiasa berpegang teguh dengan al jama’ah, yaitu kaum muslimin beserta pemimpinnya. Tidak memberontak kepada pemimpin kaum muslimin.
Perhatikan wasiat Rasululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam kepada Hudzaifah ibnul Yaman radhiyallohu ‘anhu berikut ini:
تَسْمَعُ وَتُطِيعُ لِلْأَمِيرِ وَإِنْ ضُرِبَ ظَهْرُكَ وَأُخِذَ مَالُكَ فَاسْمَعْ وَأَطِعْ
” Dengar dan patuhilah kepada pemimpinmu, walaupun ia memukulmu dan merampas harta bendamu, dengar dan patuhilah dia.” (HR. Muslim)
8. Menasihati kaum muslimin yang memiliki kesalahan dalam perkara agama,ataupun yang menyimpang dari pemahaman agama Islam.
Maka pemerintah mengambil langkah yang tegas dalam mengembalikan mereka kepada pemahaman agama yang benar.
9. Wajib atas pemerintah kaum muslimin untuk tidak membiarkan pihak-pihak yang berusaha meracuni kaum muslimin dengan pemikiran-pemikiran yang menyimpang dari ajaran Islam. Yang bertujuan untuk memecah belah barisan kaum muslimin dan menghilangkan keamanan di negeri kaum muslimin.
10. Berdoa kepada Alloh agar senantiasa menjaga kita dari makar-makar musuh-musuhNya, senantiasa menyatukan hati-hati kaum muslimin di atas taqwa dan agama yang lurus, serta menjauhkan kita dari segala macam fitnah.
Demikian ringkasan materi dari apa yang kami dimudahkan untuk menulis dan menyusunnya, dari muhadhoroh yang disampaikan oleh Fadhilatusy Syaikh Ibrohim Ar Ruhaily hafizhohulloh di Masjid Agung Al Aqsho, Klaten, 29 Januari 2017)
Di Ringkas Oleh : Abu Umar Al Jakarty
==========
==========
*Tanya jawab* ;
1. Nasehat atas bahaya Syiah dan Komunis.
Wajib bagi umat Islam dan pemerintah untuk tidak memberikan jalan bagi para perusak yang destruktif
2. Pemerintah dipilih dengan sistem tidak islami
Islam memiliki tata cara memilih pemimpin melalui Syuro. Namun jika dipilih secara tidak syari maka tetap wajib utk menaatinya dalam rangka untuk menjaga darah kaum muslimin
3. Pemimpin non muslim yang adil apakah lebih baik dari pemimpin muslim yang zhalim.
Pemimpin muslim memiliki tauhid yang tidak dimiliki pemimpin kafir bahwasanya
syirik adalah dosa paling besar
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah, Allah akan menolong suatu negeri walaupun kafir namun adil, dan tidak menolong negeri yang zhalim walaupun muslim, maksudnya adalah beliau ingin menjelaskan pentingnya Keadilan yang diperlukan dalam mengelola sebuah negara BUKAN dalam konteks kepemimpinan kafir lebih baik
4. Lembaga amar ma’ruf nahi munkar
Kewajiban pemerintah untuk membentuk lembaga tersebut, jika belum ada maka kaum Muslimin dapat menyampaikan kepada pemerintah dan beramar ma’ruf nahi munkar sesuai kemampuannya.
0 comments:
Post a Comment